Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Biologi di SMA

Fitriyah karmila

Abstract


Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Postest Only Non-equivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Watansoppeng tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Pada penelitian ini digunakan kelompok eksperimen berupa model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol berupa model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang berbentuk uraian dan untuk mengukur keterampilan metakognitif menggunakan rubrik MSI (Metacognitive Skill Inventori) yang diintegrasikan dengan tes hasil belajar. Pengujian hipotesis digunakan statistik parametrik dengan menggunakan analisis manova satu jalur dengan bantuan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) Hasil belajar siswa yang diajar melalui model pembelajaran berbasis proyek yang berada pda kategori cukup sebesar 6,6%, kategori baik 86,8% dan kategori amat baik 6,6%. Sedangakan melalui model pembelajaran langsung yang berada pada kategori sedang 6,6%, kategori cukup 83,4% dan kategori baik 10%; (ii) Ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 11 times