OBSERVASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PALOPO

Saparuddin Saparuddin

Abstract


Abstrak

Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam media yang digunakan guru mata pelajaran biologi di SMA Negeri 2 Palopo dan mengetahui kendala-kendala guru dalam menyiapkan dan menggunakan media pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi. Observasi yang dimaksud adalah observasi terhadap guru mata pelajaran biologi melalui wawancara unuk mendapatkan informasi kendala guru dalam penggunaan media pembelajaran. Observasi selanjutnya dilakukan pada siswa melalui pengisisan angket yang telah disediakan oleh peneliti untuk mendapatkan informasi ragam media pembelajaran biologi yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran. Teknik analisis data hasil observasi dilakukan secara deskriptif kuantitatif, hasil wawancara dan angket yang dibagikan kepada siswa diintrerretasikan oleh peneliti secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu kendala guru mata pelajaran biologi dalam penggunaan media selama proses pembelajaran adalah menjaga fokus siswa, karena siswa cenderung hanya tertarik pada gambar dan videonya saja sedangkan jika yang ditampilkan melalui media itu berupa tulisan fokus siswa akan berkurang. Adapun ragam media yang digunakan guru mata pelajaran biologi berdasarkan hasil angket yang dibagikan sangat bervariatif, diantaranya media gambar, alat peraga, demonstrasi, video, dan power point. Salah satu media yang menjadi fokus penelitian tidak mendapatkan respon positif dari responden adalah media audio.

Kata Kunci: Observasi, Penggunaan dan Media Pembelejaran Biologi

Full Text:

Download PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hartanto. 2015. Pengertian Media Pembelajaran. Di akses melalui http://belajarpsikologi.com. Pada tanggal 05- November 2017 pukul 11.00 WIB.

Suriani. 2015. Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli. Di akses melalui http://www.definisi-pengertian.com.html. Pada tanggal 05- November 2017 pada pukul 11:10 WIB

.

Edi. 2016. Prosedur Pemilihan Media Pembelajaran. Di akses melalui http://.academi.html. Pada tanggal 05 – November 2017 pukul 11: 20 WIB.

Wulan, dian. 2016. Macam- Macam Media Pembelajaran. Di akses melalui http://dianwulan.blogspot.co.id.html. Pada tanggal 05- November 2017 pukul 11: 30 WIB.

Karina, nita. 2016. Jenis- Jenis Media Pembelajaran. Di akses melalui http://www.academia.co.id . html. Pada tanggal 05- November 2017 pukul 11:45. WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 0 times
Download PDF - 0 times