PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN LIFE SKILL MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN TINGGI

Sukmawati sukma Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Berbasis Proyek terhadap pengembangan life skill mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini diterapkan dalam perkuliahan Botani Tumbuhan Tinggi (BTT), untuk mahasiswa semester IV pada Program Studi Pendidikan Biologi sebanyak 37 mahasiswa. Penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data mengenai kemampuan life skill mahasiswa berupa lembar observasi,. Untuk mengetahui efektivitas pada penelitian ini digunakan uji-t satu sampel. Adapun kriteria dilihat dari perkembangan life skill pada mahasiswa setiap pertemuan dengan skor 70 dengan pertimbangan bahwa skor tersebut berada pada rentang kategori berkembang baik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Berbasis Proyek berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan life skill mahasiswa pada mata kuliah Botani Tumbuhan Tinggi.

Full Text:

Download PDF

References


Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. PT Refika Aditama. Bandung.

Anwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup. Alfabeta. Bandung.

Bell, S. (2010). Project Based Learning for 21st Century: Skills for the future. The Clearing House, 83, pp 39-43.

Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Pendekatan Broad-Based Education. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Fahroyin, M. (2010). Pembelajaran Biologi Berorientasi Life Skill untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Kartikatama Metro. Publikasi pada Jurnal Bioedukasi Volume 1, Nomor 2, Nopember 2010. (muhfahroyin@yahoo.com. Diakses 2 Agustus 2018).

Hamzah. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Huda, A. 2009. Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Proyek. (Online). http://hudaita.com/2009/04/peningkatan-mutu-pembelajaran-dengan.html. Diakses 1 Agustus 2018.

Sani, A. R. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif). Kencana. Jakarta.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.

Wisanti, dkk. (2012). Profil Perangkat Pembelajaran Taksonomi Tumbuhan Tinggi Berbasis Proyek untuk Melatih Mahasiswa Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS, Vol. 9, No. 1, 2012. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id, Diakses, 27 Juni 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 2 times
Download PDF - 0 times