PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA SMP

Fahrul Basir

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui Penerapan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa SMP. Masalah yang diselidiki dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Palopo Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini ditentukan secara Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial. Dari hasil analisis statistik deskriptif menunjukan kemampuan reflektif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan open ended berada pada kategori sangat rendah dan setelah diajar dengan menggunakan pendekatan open ended berada pada kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan reflektif matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo antara yang diajar dengan pendekatan open ended dengan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci : Open ended, Kemampuan berfikir reflektif.

Full Text:

Untitled

References


Aji, Tunggul, Setio. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Synergetic Teaching terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranPenggunaan Alat Ukur Presisi Di SMK DR SutomoTemanggung (Online). http:// eprints.uny.ac.id/42618/1/Tunggul Setio 09503241014.pdf (diakses selasa, 24 Januari 2017)

Anisa, dkk. (2013). Efektivitas Strategi Pemebelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB)) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synargetic Teaching (pada mata pelajaran Biologi Di SMP Negeri 10 Jember (Online). Jurnal Pancaran Vol 2, No 4. http://download.portalgaruda.org/ (diakses selasa, 24 Januari 2017)

Dalyono, M. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful, Bahri dan Aswan, Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ilyas, Muhammad. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan

Silberman, Melvin. (2009). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nusa Media

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

_______. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Zaini, Hisyam, dkk. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTCD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments

Article Metrics

Abstract view : 14 times
Untitled - 1 times