ANALISIS KESULITAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL

Fitriani A

Abstract


Pengajaran di sekolah cenderung menekankan keterampilan mengerjakan soal-soal, sedangkan penanaman konsepnya hanya diberikan dalam waktu yang sangat singkat sehingga seringkali siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Kesulitan yang dilakukan siswa pada umumnya terletak pada penggunaan rumus-rumus, pemahaman atau kemampuan mencerna bahasa matematika, dan kemampuan mengaplikasi konsep, akan tetapi guru seringkali tidak mengedentifikasi kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat analisis kesulitan siswa ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, (2) mengetahui tingkat analisis kesulitan siswa ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan sedang
dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, (3) mengetahui tingkat analisis kesulitan siswa ditinjau dari siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Palopo tahun ajaran 2015/2016. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah (1) tes diagnostik (2) pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari terdiri dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun indikator kesulitan siswa yaitu (1) kesulitan konsep, (2) kesulitan prinsip, (3) kesulitan skill/keterampilan. hasil pembahasan maka di dapat letak kesulitan subjek berkemampuan tinggi (ST), subjek berkemampuan sedang (SS), subjek berkemampuan rendah (SR) pada setia p indikator kesulitan, diantaranya yaitu (1) subjek berkemampuan tinggi (ST) dan subjek berkemampuan sedang (SS) tidak mengalami kesulitan pada indikator yang pertama yaitu kesulitan konsep, namun subjek berkemampuan rendah (SR)
mengalami kesulitan pada indikator tersebut; (2) subjek berkemampuan tinggi (ST) tidak mengalami kesulitan pada indikator yang ke dua yaitu kesulitan prinsip, namun subjek berkemampuan sedang (SS) dan subjek berkemampuan rendah (SR) mengalami kesulitan pada indikator tersebut; (3) subjek berkemampuan tingg
(ST), subjek berkemampuan sedang (SS) dan subjek berkemampuan rendah (SR) semua mengalami kesulitan pada indikator kesulitan skill/keterampilan.
Kata kunci: Analisis, Kesulitan, Matematika, Soal Cerita, Persamaan,
Pertidaksamaan

Full Text:

Untitled

References


Abdullah, Ambo Enre (1992). Pokok Layanan Bimbingan Belajar. Diklat Ujung Pandang FIP IKIP.

Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariestina, Made Prety. (2014). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. (Online). http://publikasiilmiah.ums.ac.ai. Diakses tanggal 4 Desember 2015.

Arikunto dan Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

DEPDIKNAS. (2003). USSPN (Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional) No. 20 tahun 2003. (Online). http://www.slideshare.net/srijadi/uu-no-20-2003- sistem -pendidikan-nasional. Diakses tanggal 4 Desember 2015.

Eksan, Sadam. (2013). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. (Online). http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFMIPA/article/download/3330/3306.p df. Diakses tanggal 20 Januari 2016.

Febriansyah, Reza. (2014). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas X SMA Negeri 2 Singkawang. (Online). jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4453. Diakses

tanggal 27 November 2015.

Huda, Nizlel. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus dan Balok Di Kelas VII SMP Negeri 30 Muoro Jambi. (Online). http://journal.fmipa.unila.ac.id. Diakses tanggal 4 Desember 2015.

Hudoyo, Herman. (1999). Strategi Belajar Mengajar Matematika. IKIP Malang.

Mardjono. (1994). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta, Fasilitator.

Muhammad,I.R. (2011). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMA/MA dalam Menyelesaikan Soal Setara UN Di Kabupaten Maluku Tengah. (Online). http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2661. Diakses tanggal 20 Januari 2016.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: The National Council of Teachher Mathematics inc. (Online).

http://journal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/3997/4014.pdf. Diakses tanggal 27 November 2015.

Nuh, Mohammad. (2014). Matematika Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Yudhistira.

Parni. (2015). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variable Bentuk Soal Cerita Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh. (Online).

http://journal.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=16200. Diakses tanggal 20 Januari 2016.

Ruseffendi,E.T. (2014). Pengantar kepada Membantu Guru Mengem-bangkan Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tidak diterbitkan.

Siti,A.M. (2012). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPS I MAN 1 Tulungagung. (Online). http://opac.iain-tulungagung.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11979.

Diakses tanggal 20 Januari 2016.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Teknik penelitian. Rines. Yogyakarta.

Suprijono. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Widdiharto, Rachmadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remdinya. Jakarta: Depdiknas.

Yusman, Edy. (1996). Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Objek Belajar Matematika. Pontianak: Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 24 times
Untitled - 11 times