DESKRIPSI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GENDER

Karmila Karmila

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa ditinjau dari gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Masamba pada tahun ajaran 2016-2017, yakni mengambil 1 subjek perempuan dan 1 subjek laki-laki dengan beberapa pertimbangan yaitu dilihat dari hasil tes kemampuan literasi yang diberikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan literasi matematis dan (2) wawancara. Data dianalisis dengan cara mengolah data dari dua sumber, yakni data hasil tes kemampuan literasi matematis dan data hasil wawancara. Kedua data tersebut nantinya akan menunjukkan kemampuan literasi matematis siswa terhadap tes yang telah siswa
lakukan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Negeri 1 Masamba kelas X IPA 1 menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa laki-laki setara dengan kemampuan literasi matematis siswa perempuan dengan kata lain kemampuan literasi matematis siswa laki-laki berada pada level 1 dan kemampuan literasi matematis siswa perempuan berada pada level 1.
Kata kunci: kemampuan, literasi matematis, gender

Full Text:

Untitled

References


Ilyas, Muhammad. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan

OECD. 2010. DraftPISA 2012Assessmen Framework. http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/48241909.pdf. Diakses 4 Januari 2017.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud. 2012a. Determinants of Learning Outcomes TIMSS 2011: Final Report. Jakarta: Pusat Penilaian pendidikan

Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.

Bandung: Tarsito. Safitri, Isna Nur. 2016. Kemampuan Literasi Matematis Siawa dalam Perspektif Gender. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/4842/7/Cover.pdf. Diakses 01 Februari 2017

Setiawan, Harianto et al. 2014. Soal matematika dalam Pisa kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat t inggi. Universitas Jember. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/psmp/article/download/955/758. Diakses 04 Januari 2017.

Triyadi, Rudini. 2013. Kemampuan Matematis ditinjau dari Gender. Universitas pendidikan indonesia. http://repository.upi.edu/3283/. Diakses 01 Februari 2017

Wahyuni, Festi Riska. 2014. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX-A SMP Negeri 1 Ambulu Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. Universitas Jember.

http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/61751/100210101 083_1.pdf?sequence=1. Diakses 01 Februari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Karmila Karmila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.