HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION (HSAP) MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS GAYA KOGNITIF

Salwah Salwah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Habit of Striving for Accuracy and Precision (HSAP) siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan RME berbasis gaya kognitif. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VII pada salah satu SMPN di kota Bandung. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan pendekakatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa secara individu siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan RME berbasis gaya kognitif memiliki kebiasaan berjuang demi ketelitian dan ketepatan yang berada pada kategori pelajar. Siswa akan memeriksa kembali pekerjaannya bila disuruh oleh guru. Secara kelompok siswa memiliki kebiasaan berjuang demi ketelitian dan ketepatan yang berada pada kategori pengguna. Secara kelompok siswa memiliki kepedulian untuk lebih memeriksa pekerjaannya sehingga tidak memiliki kesalahan, serta menetapkan
standar yang tinggi untuk menghasilkan pekerjaan yang akurat.
Kata kunci: Habit of striving for accuracy and precision, Realistic mathematics education, gaya kognitif

Full Text:

Untitled

References


Boyes, & Watts. (2009). Developing Habits of Mind in Secondary Schools. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Costa & Kallick, B. (2011). Discovering and Exploring Habits of Mind. California. Middle Years of schooling Association.

Haryani, D. (2012). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Berjenis Kelamin Perempuan dalam Memecahkan Masalah Matematika. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret, 2012.

Lim, K. (2013). General and Mathematical Habits of Mind: An Overview. San Diego: University of Texas at El Paso.

Salwah. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis melalui Pendekatan RME berbasis Gaya Kognitif Siswa. Prosiding Konfrensi Nasional Matematika XVII, 11-14 Juni 2014, ITS, Surabaya.

Sugiman, Kusumah, & Sabandar. (2009). Pemecahan Masalah Matematik Dalam Matematika Realistik. staff.uny.ac.id/sites/.../2009a_PM_dalam_PMR.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 8 times
Untitled - 5 times