IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR BERBASIS LESSON STUDY

Desak Made Ristia Kartika

Abstract


Penerapan lesson study pada mata kuliah kalkulus dasar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dimana mahasiswa dibagi ke dalam delapan kelompok yang setiap kelompok heterogen dari segi kemampuan matematika maupun gender yang terdiri dari 4-5 orang anggota dalam setiap kelompok. Materi yang diajarkan yaitu nilai mutlak. Lesson study dilaksanakan
dalam tiga tahap yakni perencanaan pembelajaran (plan) yang melibatkan beberapa dosen, pelaksanaan pembelajaran (do), dan refleksi pembelajaran (see). Pada proses pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Hasil dari kegiatan ini adalah: melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis lesson study aktivitas mahasiswa dapat terlihat aktif pada saat diskusi kelompok maupun presentasi, melalui lesson study berupaya untuk memenuhi
hak belajar mahasiswa, terciptanya learning community atau komunitas belajar, kegiatan pembelajaran di kelas lebih aktif ditandai dengan semangat mahasiswa dalam bertanya dan menjawan soal lebih tinggi frekuensinya, dan melalui lesson study dengan prinsip kolegalialitas, secara kolaboratif merefleksikan keefektifan pembelajaran dan saling belajar.
Kata Kunci: Kooperatif tipe STAD, Lesson Study, Kalkulus Dasar

Full Text:

Untitled

References


Dirjendiktikemendiknas, (2010). Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia – LEDIPSTI.

Purcell, E. J. (2011) Kalkulus Jilid 9. Jakarta: Erlangga

Slavin, R.E. (2005).Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Lita. 2009. Bandung: Nusa Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 5 times
Untitled - 5 times