DESKRIPSI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN BULAT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Muhammad Ilyas

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) SMP Negeri 7 Palopo; (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) SMP Negeri 7 Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palopo sebanyak 185 s iswa. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sehingga terpilih 150 siswa yang terdiri dari 75 siswa Field Dependent (FD) 75 siswa Field Independent (FI). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dimaksudkan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel penelitian dengan menggunakan skor tertinggi, skor terendah, rata-rata, standar deviasi, variansi dan tabel frekuensi persentase. Hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 7 Palopo dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) berada pada kategori sangat rendah diperoleh nilai rata-rata 24,13 dari skor ideal 100. Standar deviasi 22,36 dan Variansi 500,09. Sedangkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat kelas VII SMP Negeri 7 Palopo dengan gaya kognitif Field Independent (FI), berada pada kategori rendah diperoleh dengan nilai rata-rata 56,26 dari skor ideal 100. Standar deviasi 23,54 dan variansi 554,46.
Kata kunci: hasil belajar, gaya kognitif, field dependent, field independent

Full Text:

Untitled

References


Herman. (1979). Pengembangan Kurikulum Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Ilyas, (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka

Marpuang, Y. (1999). Mengejar Ketertinggalan Kita dalam Pendidikan Matematika, Mengutamakan Proses Berfikir dalam Pembelajaran Matematika.Makalah, disampaikan dalam upacara pembukaan Program S3 Pendidikan matematika Universitas Surabaya, Tanggal, 10 September 1999.

Soedjadi, R. (1992). Pokok-pokok Pikiran Tentang Orentasi Masa Depan Sekolah Di Indonesia. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional. IKIP Surabaya.

Suherman, Erman. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments

Article Metrics

Abstract view : 84 times
Untitled - 90 times