EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA

Wahyuni H Mailili

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Quantum Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sigi pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pre-eksperimental design tipe One-Shot Case Study. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sigi yang berjumlah 242 orang. Pada pengambilan sampel digunakan metode sampling purposi,dengan memilih kelas VII F dengan jumlah siswa 27 orang sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan validitas ahli dan validitas uji coba. Pengujian validitas uji coba dan reliabilitas tes pada penelitian ini menggunakan kelas VIII E SMP Negeri 4 Sigi yang berjumlah 31 orang siswa sebagai responden. Pengolahan data dimulai dengan uji normalitas data post-tes kelas eksperimen, berdasarkan hasil perhitungan statistik diperoleh hasil post tes kelas eksperimen berdistribusi normal, yaitu 𝑆𝑖𝑔 > 0,05 (0,119 > 0,05). Selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan KKM = 71 dengan uji t-tes satu sampel (uji pihak kiri). Dengan perolehan rata-rata nilai siswa 77,037 membuktikan model pembelajaran Quantum Learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh 𝑡 − ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 1,713, dengan taraf signifikansi 0,025 diperoleh 𝑡 − 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 = −2,056, diketahui 𝑡 − ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡 − 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1,713 > −2,056) maka terima 𝐻1 dan tolak 𝐻0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sigi pada materi Segiempat dan Segitiga tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Efektivitas, Quantum Learning, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Cahyo, A. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Press

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. (2015). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi, Reardon, Mark dan Singer-Nourie, Sarah. (2010). Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum learning Di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasmadi dan Sunariah, Nia Siti. (2014). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, (2003). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Kementian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mailili, Wahyuni H. (2010). “The Efectiveness Of Teaching Media Implementation In Of Dominon In Case Of Integer Addition And Subtraction At Grade VII C At SMP Negeri 1 Palu” Skripsi tidak diterbitkan. FKIP Universitas Tadulako

Prawira, Purwa Atmaja. (2013). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Sudjana, Nana. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar: Bandung, Remaja Rosdakarya

Sugioyno. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta, cetakan ke- 24.

Tanzeh,Ahmad. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. Uno, Hamzah B. dan Mohamad, Nurdin. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments

Article Metrics

Abstract view : 3 times
Untitled - 1 times