PENGGUNAAN STRATEGI QUESTION STUDENTS HAVE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Mellawaty Mellawaty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan strategi Question Students Have dengan pendekatan Problem Posing dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Metode penelitian ini adalah eksperimen, dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri 12 Kelas X dan sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak dari kelas X di SMA Negeri 12 Bandung. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan strategi Question Students Have dengan pendekatan Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori.
Kata Kunci : Strategi Question Students Have, Pendekatan Problem Posing, Berpikir Kritis.

Full Text:

Untitled

References


Chatib, Munif. (2009). Sekolahnya Manusia. Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: KAIFA. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan Lengkap KTSP 2006. Jakarta:

Depdiknas.

Irpan, Ujang. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem

Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.

Skripsi pada jurusan pendidikan matematika UPI Bandung: tidak

diterbitkan.

Johnson, Elaine B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Mizan Learning Center.

Kadir. (2000). Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Posing Matematika pada Siswa Madrasah Aliyah. Tesis PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Lathifah, Leli Nur. (2011). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Matematika. Skripsi pada jurusan pendidikan matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Maulana. (2007). Alternatif Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD. Tesis pada jurusan pendidikan matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Napitupulu, Susilawati Br. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Skripsi pada jurusan pendidikan matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Nursyamsi. (2010). Peningkatan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Tesis pada jurusan pendidikan matematika UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Santoso, S. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santrock, John W. (2003). Adolesence Perkembangan remaja. Jakarta: Erlangga.

Silberman, Melvin L. (2007). Active Learning 101: Pembelajaran Aktif.

Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Sugiyono. (2009). Metoda Statistika. Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments

Article Metrics

Abstract view : 2 times
Untitled - 0 times