DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATA KULIAH KALKULUS VEKTOR

Nurul Ikhsan Karimah, Ika Wahyuni

Abstract


Kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah kalkulus vektor masih belum baik. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan mendesain suatu bahan ajar berbasis kemampuan pemahaman matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan learning obstacle mahasiswa terkait kemampuan pemahaman matematis, (2) untuk mendesain bahan ajar kalkulus vektor yang dapat digunakan untuk mengungkap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan situasi dari berbagai respons dan mengaitkan dan menjabarkan prediksi respons serta antisipasi dengan respons mahasiswa saat desain didaktis diimplementasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Learning obstacle mahasiswa yang teridentifikasi adalah kesulitan dalam menggambarkan vektor secara grafis, menentukan hasil kali skalar/dot product dan hasil kali vektor/cross product dan penerapannya, menurunkan dan mengintegralkan fungsi trigonometri, fungsi eksponen, aturan rantai, integral rangkap dua dan tiga, menggambarkan kurva dan menentukan batas-batas daerah integral (2) Desain bahan ajar disusun berdasarkan learning obstacle terkait kemampuan pemahaman matematis yang kemudian diimplementasikan pada pembelajaran dan dapat mengatasi kekeliruan mahasiswa terkait materi kalkulus vektor.
Kata kunci: desain bahan ajar, kemampuan pemahaman matematis, kalkulus vektor

Full Text:

Untitled

References


Hendriana, H., Rohaeti, E.E., dan Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Sof Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sovia, A. (2015). “Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Strategi Question Student Have Disertai Pemberian Modul pada Perkuliahan Kalkulus Vektor’. Jurnal Lemma Vol.2 No.1.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.

Sudihartinih, E., Mulyana, E., dan Dedy, E. (2012). “Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Vektor Berdasarkan Model Pembelajaran Matematika Kinsley sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Matematika Mahasiswa’ Phytagoras.Vo.7 No.1.

Wahyuni, Ika; Kharimah, Nurul Ikhsan. Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 228-240, sep. 2017. ISSN 2549- 4937.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments

Article Metrics

Abstract view : 22 times
Untitled - 4 times