DESKRIPSI DAYA SERAP SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 BUA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode grafik, metode subtitusi, metode eliminasi, dan metode gabungan eliminasi dan substitusi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bua sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 24 perempuan. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian. Hasil yang diperoleh adalah daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode Grafik berada pada kategori tinggi, daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode Subtitusi dan berada pada kategori sedang, daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bua dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode Eliminasi
berada pada kategori tinggi, dan daya serap siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bone-Bone dalam menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel dengan metode Gabungan Eliminasi dan Subtitusi berada pada kategori sedang.
Kata kunci: Daya Serap, Deskripsi

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman. 1993. Pengelolaan Pengajaran. Ujungpandang : PT. Bintang Selatan.

Amirullah. 1999. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengajaran Remedial pada Siswa Kelas lll SLTP Negeri 3 Kelara Kabupaten Jeneponto (Skripsi tidak dipublikasikan). Ujungpandang : FPMIPA IKIP Ujungpandang.

Arikunto, Suharsini. 1992. Pengelolaan Kelas dan Siswa (Sebuah Pendekatan Evaluati fl. Jakarta : Bina Aksara.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP SLTP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta : Depdikbud.

Nasution, 1995. Didaktik Asas - asas Mengajar. Bumi Aksara : Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments