EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM POSING SETTING KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

M Rusli B, Fitriani A, Jumarniati Jumarniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan meneliti dan
menjadi sarana latihan bagi dosen pemula untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal ilmiah, sedangkan secara khusus penelitian inibertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain posttest only group design. Lokasi penelitian bertempat di SMA Negeri 1 Palopo sedangkan Instrumen yang akan digunakan pada penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis, lembar observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Tes ini akan diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran selesai. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem posing setting kooperatif efektif terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Efektivitas penerapan problem posing setting kooperatif terukur melalui hasil tes kemampuan literasi matematis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas control dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan 𝛼 = 0,05, rata-rata aktivitas siswa selama penerapan problem posing setting kooperatif berada pada kategori aktif, dan respon siswa berada pada positif.
Kata Kunci: Efektivitas, Kemampuan Literasi matematis, Problem Posing Setting Kooperatif

Full Text:

Untitled

References


Suprijono, Agus. 2011. Cooperatif Learninng : Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Husniati Andi. 2006. Pembelajaran kooperatif Tipe STAD untuk pokok bahasan Aritmatika sosial pada kelas VII SMP Negeri 1 Pademmawu Pamekasan Madura. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, Nana Syaodih. 2003. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 29 Februari 2016.

OECD. 2009. Learning Mathematics For Life-A View Perspective For PISA. (Online).Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 29 Februari 2016.

Roestiah. 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanimbar. 2011. Penerapan Model Kooperatif tipe One Stay-Tre Stray pada siswa kelas VIII.b SMP Negeri 2 Sajoangin. Tesis. Makassar: UNM Makassar.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suwanda. 2011. Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments