PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SCIENTIFIC DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DENGAN MENINJAU GAYA KOGNITIF MAHASISWA UNCP

Eva Dwika Masni, Nisraeni Nisraeni

Abstract


Penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Tujuan jangka panjang yang
diharapkan dari penelitian ini adalah meningkatan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa melalui model pembelajaran scientific discovery dalam perkuliahan matematika ekonomi. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah program studi pendidikan matematika semester VI UNCP tahun akademik 2016/2017. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah one group only pretest-posttest design. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data mengenai aktivitas mahasiswa, keterlaksanaan pembelajaran, kualitas peningkatan serta respon mahasiswa dianalisis dengan statistika deskriptif, sedangkan data mengenai kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan statistika inferensial menggunakan uji dependent sample t tes. Hasil penelitian menunjukkan : Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery untuk mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent.Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery untuk mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa UNCP yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery. Kualitas kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya kognitif FD. Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika ekonomi mahasiswa UNCP yang bergaya kognitif field independent berada pada kategori tinggi sedangkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah mahasiswa field dependent setelah memperoleh pembelajaran scientific discovery berada pada kategori sedang.
Kata-kata kunci: Model Scientific Discovery, Gaya Kognitif, Pemecahan Masalah.

Full Text:

Untitled

References


Dona, dkk. 2013.Kemampuan Komunikasi matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif pada siswa Kelas IX SM Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifk dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Keefe, J. W. 1987. Learning Style Theory and Practice. Virginia: National Association of Secondary School Principals.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta :Kemdikbud

Krulik & Reys. 1980. Problem Solving in School Mathematics. Washington D.C: NCTM.

Meltzer. 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and

Conceptual Learning Gains in Physic: A Possible “Hidden in Variable” in

Diagnostic Pretest Score. Department of Physic and Astronomy: IOWA

State University, Ames, Iowa. Diunduh dari: http://www.physic.iastate.edu/per/doc/Addendum on normalized

gainMontgomery, D. (2009). Design and Analysis of Experiment. Arizona : Wiley

Ministry of Education Singapore. 2006. Mathematics Syllabus and Primary. Singapore: Mathematics Unit Curriculum Planning and Development Division

NCTM. 2010. Why is Teaching with Problem Solving Important to Student Learning. [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/news/content.aspx?id=25713

Polya, G. 1973 How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method. (Second ed). Princeton, New Jersey: Princeton University Press.

Rufii. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Perolehan Belajar Prosedur Statistik. Surabaya: Tekonologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Thiagarajan, S., Semmel D. S.,& Semmel M. I. 1974. Intructional Development For Traning Teachers Of Execeptional Children. A source Book Bloomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.

Usodo, B. 2011. Profil Intuisi Mahasiswa dlaam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Idependent. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS

Witkin, H.A. 1976. Cognitive Style Academic Performance and Teacher Student Relation. Dalam Messich, (ed). Individually in Learning. San Francisco: Jossey Bass.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments