IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIK MODEL JARING LABA-LABA TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI ANALITIK RUANG MAHASISWA

Achmad Riady, Hardianto Hardianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Geometri Analitik Ruang Mahasiswa Kelas V C Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo sebelum-setelah diterapkan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Realistik Model Jaring Laba-laba. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pra-eksperimen dengan desain penelitian One-Group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Semester V Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo yang terdiri dari 12 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 211 orang. Dimana jumlah laki-laki sebanyak 32 Mahasiswa dan perempuan sebanyak 179 Mahasiswa. Adapun yang menjadi sampelnya siswa kelas V C diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam 5 kali pertemuan. Pengambilan data tes hasil belajar dilakukan dengan menggunakan pretest-posttest yang diajar dengan pendekatan pembelajaran realistik model Jaring Laba-laba. Hasil penelitian yang dicapai secara keseluruhan sebelum dan setelah diterapkan Pendekatan Pembelajaran Realistik menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis statistik deskriptif terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa dimana sebelum diterapkan pendekatan pembelajaran realistik diperoleh rata-rata sebesar 31,90 dan setelah diterapkan pendekatan pembelajaran realistik diperoleh rata-rata sebesar 82,44. 2) Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan, hal ini terlihat pada hasil uji-t dimana nilai Pvalue ˂ a = 0.05 atau 0,000 ˂ 0,05 dan nilai thitung > ttabel atau 29.101 > 2.024. yang menunjukkan menolak H0 dan menerima H1. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geometri analitik ruang mahasiswa kelas V C Pendidikan Matematika Universitas
Cokroaminoto Palopo sebelum dan setelah diterapkan Pendekatan
Pembelajaran Realistik model jaring laba-laba.
Kata Kunci : Geometri Analitik Ruang, Pendekatan Realistik, Model Jaring Labalaba, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Akbar Sutawidjaja, 2011, Pembelajaran Geometri Analitik Ruang, Universitas Terbuka, Jakarta

Ariyadi Wijaya, 2012, Pendidikan Geometri Analitik Ruang Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Geometri Analitik Ruang, Graha Ilmu, Yogyakarta

Abdul Haling, 2007, Belajar dan Pembelajaran, Badan Penerbit UNM, Makassar

Asep Jihad, dkk, 2012, Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Jakarta

Ardha, 2013, Model Pembelajaran Realistik, (Online),

http://ardhaphys.blogspot.com, (diakses 20Agustus 2015)

Amriati Nasir, 2015, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based

Learningdikaitkan Motivasi Belajar Geometri Analitik Ruang terhadap

Hasil Belajar Mahasiswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkajene, Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, STKIP A. Matappa, Pangkep

Bakhtiar, 2012, Panduan Mata Kuliah Statistika Dasar, Indonesia.

Daryanto, 2009, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Publisher, Bandung

, 2013, Inovasi Pembelajaran Efektif, Yrama Widya, Bandung

Emzir, 2011, Metodologi Penelitian Pendidikan : Kualitatif dan Kuantitatif, cetakan ke-5, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Framita Nilam Cahyani, Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil BelajarGeometri Analitik RuangMahasiswa Kelas X SMA Negeri 1 Bungoro, Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, STKIP A. Matappa, Pangkep.

Kasmadi, dkk, 2014, Panduan Modern Penelitian Kuantitatif, Alfabeta, Bandung

Marnoko, 2011, Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Konvensional pada Hasil Belajar Ekonomi MahaMahasiswa FE UNPAB, Jurnal Abdi Ilmu (online), Vol.4 N0. 2 https://library.pancabudi.ac.id/jurnalfiles/63624ed5b11f5553e30f1f47ddoabe52471b1ecf_3.Marnoko.pdf. (diakses 28 September 2015)

Punaji Setyosari, 2010, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Edisi Pertama, Kencana, Jakarta

Sardiman, 2012, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta.

Sri Ariyanti, dkk, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Geometri Analitik Ruang Realistik Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Geometri Analitik Ruang Mahasiswa Kelas IV Di Gugus 4 Kecanatan Kuta Utara, Skripsi, Jurusan Pendidikan Dosen Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Suryana Mutmainnah, 2011, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nomonal Group Techniqure (NGT) Dalam Pembelajaran Geometri Analitik Ruang, Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, STKIP A. Matappa, Pangkep.

Sutanto Leo, 2013. Kiat Jitu Menulis Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Erlangga, Bandung

Sukino Wilson S, 2006, Geometri Analitik Ruang untuk SMP, Erlangga, Jakarta

Tatag Yuli Eko Siswono, dkk, 2007, Geometri Analitik Ruang SMP dan MTs untuk Kelas VII, Erlangga, Jakarta.

V. Wiratna Sujarweni, 2014, SPSS Untuk Penelitian, Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Zainal Arifin, 2013, Penerapan Pendekatan Pendidikan Geometri Analitik Ruang Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan Di Kelas IV Ghidaul Athfal Kota Sukabumi, Skripsi, Pendidikan Dosen Madrasa Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Achmad Riady, Hardianto Hardianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.