PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS GAYA KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Metakognitif, Pendekatan Kontekstual, Gaya Kognitif.
Full Text:
UntitledReferences
Arends, R. I. 2007. Learning to Teach (Seventh edition). New York: McGraw Hill Companies, Inc.
Burden, P R & Byrd, D M. 2010. Methods for Effective Teaching: Meeting the Needs of All Students, fifth edition. Boston: Pearson Education.
Creswell, J. W. 2010. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2002. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Standar Isi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Depdiknas.
_________. 2009. Buku Saku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.
Dunlosky, J & Metcalfe, J. 2009. Metacognition. California: Sage Publications.
Ernest, R. H. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. Bristol: Roudledge Falmer, Taylor & Francis, Inc.
Jumadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Implementasinya. Makalah disampaikan pada Workshop Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum 2004 Madrasah Aliyah DIY, Jateng, Kalsel di FMIPA UNY.
Kompas. 2013. Hasil PISA 2012. Posisi Indonesia Nyaris jadi Juru Kunci. [Online]. Diakses pada tanggal 5 Desember 2013 dalam http://print.kompas.com/KOMPAS_ART000000000000000000035102 7.
Latifah, R. 2012. Pengaruh Model ‘Core’ (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa SMP. Skripsi pada UPI: Tidak Dipublikasikan.
Livingstone, J A. 1997. Metacognitive An Overview. [Online]. Tersedia http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/CEP564/Metacog.html. [12 Juni
Matlin, M. W. 1998. Cognition. Philadelphia: Harcourt Brace College Publisher.
Nugrahaningsih, T. K. 2012. Metakognisi Siswa SMA Akselerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Magistra, 82 (26), 37-50.
O’Neil Jr, H.F. & Brown, R.S. 1997. Differential Effects of Question Formats in Math Assessment on Metacognition and Affect. Los Angeles: CRESST-CSE University of California.
Panaoura, A., Gagatsis, A., & Demetriou, A. 2009. An intervention to the metacognitive performance: Self-regulation in mathematics and
mathematical modelling. Acta Didactica Universitatis Comencianae Mathematics, Issue 9, 63-79.
Riedesel, C. A., Schwarts, J. E., dan Clements, D. H. 1996. Teaching Elementary School Mathematics. Boston: Allyn and Bacon.
Ruseffendi, E. T. 2010.Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non- Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Salwah. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis melalui Pendekatan RME Berbasis Gaya Kognitif Siswa. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XVII, 11 - 14 Juni 2014, ITS, Surabaya.
Sijuts, J.L. 1999. Metacognition in Mathematics Lessons,. Available:webdoc.sub.gwdg.de/ebook/e/gdm/1999/sjuts_99.pdf [Online]. Diakses 2 Oktober 2013.
Silver, E. A. 1997. Fostering Creativity through Instruction Rich in Mathematical Problem Solving and Problem Posing. [Online]. Tersedia:
http://www.fizkarlsruhe.de/fiz/publications/zdm/2dm97343.pdf.
Sophianingtyas, F dan Sugiarto, B. 2013. Identifikasi Level Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Perhitungan Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 2 (1), 21-27.
Suryadi, D. 2012. Membangun Budaya Baru dalam Berpikir Matematika. Bandung: Rizqi Press.
Usodo, B. 2011. Profil Intuisi Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS.
Wildan, M. 2013. Kecerdasan Metakognitif pada Kurikulum 2013. [Online] tersedia dalam http://gurupembelajaran.blogspot.com/2013/09/kecerdasan: metakognitif-pada-kurikulum.html.
DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.700
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Nur Eva Zakiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.