DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA OPERASI BENTUK ALJABAR

Andi Jusmiana

Abstract


Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep, kesalahan algoritma/prosedur, kesalahan interpretasi bahasa, dan kesalahan prinsip dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar. Untuk mengetahui kesalahan tersebut digunakan instrument tes diagnostik yang terdiri dari 8 butir soal berbentuk uraian. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP PONPES Bukit Hidayah Malino sebanyak 40 orang. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif sedangkan variabel yang diteliti adalah variabel tunggal yakni kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal operasi bentuk aljabar. Adapun hasil yang diperoleh dari analisis data adalah dari keempat jenis kesulitan belajar matematika yang dialami siswa, kesulitan terbesar terjadi pada kesulitan prinsip yakni mencapai 86,88% dari maksimal kesalahan, disusul oleh kesalahan algoritma sebesar 63,75% dari maksimal kesalahan. Kesalahan konsep dialami siswa sebesar 50,63% sedangkan kesalahan terendah dialami siswa pada interpretasi bahasa yakni hanya sebesar 15,94%. Kesulitan belajar terbesar siswa ditemukan pada penyelesaian pemfaktoran bentuk aljabar, selanjutnya siswa juga masih kurang pada operasi
pecahan bentuk aljabar. Tidak hanya itu penulis juga menemukan kesulitan siswa pada penjumlahan dan pengurangan suku-suku sejenis bentuk aljabar dan juga kesalahan pada perkalian suku dua bentuk aljabar.
Kata Kunci: Kesalahan menyelesaikan masalah, operasi bentuk aljabar

Full Text:

Untitled

References


Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Jumriani, 2013. Analaisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Operasi Bentuk Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar Kabupaten Takalar. Makassar: FKIP UVRI Makassar.

Munir, Rinaldi. 2007. Algoritma dan Pemrograman. Bandung: Informatika.

Rosmiati, 2005. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas III SMPN 24 Makassar. Makassar: F.MIPA UNM.

Suherman, Erman, 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA. UPI

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.