PENGARUH KREATIVITAS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Wilda Wilda, Salwah Salwah, Shindy Ekawati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan analisis regresional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba, (2) gambaran minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba, (3) gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba, (4) pengaruh kreativitas dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba. Instrumen penelitian untuk meneliti kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika adalah teknik angket yang bersifat tertutup dimana telah disediakan alternatif-alternatif jawaban yang telah disediakan. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Masamba tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling dengan jumlah sampel 115 siswa. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan komputerisasi dengan memanfaatkan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kreativitas berada pada kategori sedang (75,7%) dengan nilai rata-rata 53,5 dan standar deviasi sebesar 4,868. Minat belajar berada pada kategori sedang (60,4%) dengan nilai rata-rata 50,65 dan standar deviasi sebesar 4,160. Sedangkan untuk hasil belajar berada pada kategori tinggi (62,6%) dengan nilai rata-rata 84,19 dan standar deviasi sebesar 6,719. Pada hasil analisis uji hipotesis diperoleh secara bersama-sama kreativitas dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan persamaan linear bergandanya adalah Y = 75,987 + 0,028X1 + 0,133X2 pada nilai Fhitung yaitu 0,453 dengan nilai signifikan 0,001.
Kata kunci: kreativitas, minat, dan hasil belajar.

Full Text:

Untitled

References


Budiningsih. 2005. Belajar dan Pembelajaran. PT. Asri Mahasatya. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Jabbar. 2011. Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kompetensi Belajar Logika pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Bupon. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP-UNCP. Palopo.

Mawarni, Ade. 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Palopo. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP-UNCP. Palopo.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Untari, Erny. 2016. Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Mahasiswa. Skripsi. Pdf. Ngawi.

Usman, Fitri. 2016. Pengaruh Persepsi Penggunaan Alat Peraga dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 BUA. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP-UNCP. Palopo.

Winkel, WS. 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. Jakarta.

Wisnawati, 2014. Pengaruh Konsep Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Negeri 1 Malili. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP-UNCP. Palopo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Wilda Wilda, Salwah Salwah, Shindy Ekawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.