PENGARUH KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Fajriani Fajriani, Eva Dwika Masni

Abstract


Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang berpengaruh pada hasil belajar siswa adalah kecerdasan interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan seberapa besar pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri se Kabupaten Bulukumba sebanyak 3300 dengan jumlah sampel 463. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala kecerdasan interpersonal, (2) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriftif dan analisis inferensial menggunakan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas X SMANegeri se Kabupaten Bulukumba memiliki kecerdasan interpersonal berada dalam kategori tinggi (2) Kecerdasan interpersonal berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

Untitled

References


Driana, Elin. 2012. Gawat Darurat Pendidikan http://nasional.kompas.com/read/2012/12/14/02344589/about.html. Diakses tanggal 11 Maret 2013.

Rusli. 2012. Penerapan Teori Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran. Artikel. Program pascasarjana UNM. http://www.ruslisiman.wordpress.com.

Wade, Carol. 2009. Psikologi Edisi Kesembilan Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Safaria, T. 2005. Interpersonal Intelligence. Yogyakarta:Amara Books

Yahaya, Azizi and Ramli, Jamaluddin. 2009. The Relationship between Self-Concept and Communication Skills towards Academic Achievement among Secondary School Students in Johor Baru. Journal


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 296 times
Untitled - 547 times