PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Irfawandi Samad

Abstract


Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X SMA Negeri 2 Makassar melalui penerapan pembelajaran Quantum Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X.4 SMA Negeri 2 Makassar pada semester genap tahun pelajaran 20014/2015 dengan jumlah siswa 40 orang. Siklus I dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa secara kualitatif, terjadi beberapa perubahan. Siswa menunjukkan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, serta minat dan motivasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 7,16 dengan standar deviasi 1,09 menjadi sebesar 8,14 dengan standar deviasi 0,91 pada siklus II. Hal tersebut berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa Kelas X.4 SMA Negeri 2 Makassar dengan menerapkan pembelajaran Quantum Learning.
Kata Kunci : Pembelajaran Quantum Learning, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

DePorter, Bobbi. Mark R. & Sarah Singer-Nourie. 2003. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi & Mike H. 2002. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta Timur: Prenada Media.

Sugiyono. 1999. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta

Suherman. H, Erman. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia: JICA.

Tim Pelatih Lemlit UNM. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 643 times
Untitled - 297 times

Copyright (c) 2017 Irfawandi Samad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.