ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS MAHASISWA

Dian Nopitasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan multi representasi matematis mahamahasiswa ditinjau dari kemampuan awal matematis mahamahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahamahasiswa semester III Pendidikan Matematika UMT. Sampel diambil dengan teknik norm referenced evaluation yaitu mahasiswa di semester III-A3 yang memiliki kemampuan awal matematisnya tinggi, sedang dan rendah. Instrumen yang digunakan meliputi tes kemampuan awal matematis, tes multi representasi dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahamahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematisnya tinggi mampu menyajikan solusi dengan representasi verbal, simbolik dan visual (grafik). Pada mahamahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematisnya sedang mampu menyajikan solusi dengan representasi verbal dan simbolik, sedangkan mahamahasiswa yang memiliki kemampuan awal matematisnya rendah hanya mampu menuliskan interprestasi dari suatu representasi namun tidak memahami representasi simbolik dan visual (grafik).
Kata kunci: Kemampuan Multi Representasi, Kemampuan Awal Matematis

Full Text:

Untitled

References


Darmastini, D.P., Rosyidi, A.H. 2014. Multi representasi siswa smp dalam menyelesaikan soal terbuka matematika ditinjau dari perbedaan gender. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1, 3, 56-63.

Irwandani. Multi representasi sebagai alternatif pembelajaran dalam fisika. Program Studi Pendidikan Fisika, IAIN Raden Intan. Lampung.

NCTM. 2013. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan.Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung:Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 617 times
Untitled - 799 times