Pengaruh Persepsi Siswa Pada Multimedia Pembelajaran Terhadap Aktivitas Dan Motivasi Yang Berimplikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa

Achmad Riady, Shindy Ekawati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh persepsi siswa pada multimedia pembelajaran terhadap aktivitas dan motivasi siswa dan kaitannya dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 2 Barru. Jenis penelitian ini adalah Survey yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel melalui uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Barru tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel ditentukan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu siswa kelas VII.1 dan VII.2 SMPN 2 Barru. Instrumen yang digunakan: (1) skala persepsi siswa pada multimedia pembelajaran, (2) skala Aktivitas siswa, (3) skala motivasi siswa, (4) tes hasil belajar matematika kelas VII SMP. Data dianalisis dengan Struktural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa pada media berpengaruh secara signifikan terhadap aktivitas siswa; (2) Persepsi siswa pada media berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi siswa; (3) Aktivitas siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa; (4) Motivasi siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa; (5) persepsi siswa pada media tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa; (6) persepsi siswa pada media berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar melalui aktivitas siswa; (7) persepsi siswa pada media berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar melalui motivasi siswa.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Arikunto. S, 2002, Prosedur Penelitian, Aneka Cipta, Jakarta

Arsyad.A, 2002, Media Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Basyiruddin. M, Asnawir, 2002, Media Pembelajaran, Delia Citra Utama, Jakarta

Ma’ruf. J, 2011, Tips Efektif pemanfaatan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Diva Press, Jogjakarta.

Munich. M, 2007, KTSP Pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual, Bumi Aksara, Jakarta.

Mulyono Abdurrahman, 2003, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta, Jakarta

Nurdin, 2007, Model Pembelajaran Yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar, Surabaya : Disertasi Universitas Negeri Semarang.

Nurhidayah.2013. Pengaruh Konsep diri dan Iklim Keluarga melalui motivasi Berprestasi, Sikap, Konsep, dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI IPA Jurusan IPA SMAN di Kota Palopo.Tesis.Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana UNM

Gozali. 2012. Kecerdasan Intrapersonal Menurut Para Ahli, (online), (http://gozaligunadarma . blogspot.com/2011/11/pengertian-kecerdasan-interpersonal.html, Diakses 6 November 2013)

Hidayatullah. P, 2011, Animasi Pendidikan Menggunakan Flash, Informatika, Bandung.

Ruseffendi, H.E.T. 2001. Evaluasi Pembudayaan Berpikir Logis Serta Bersikap Kritis dan Kreatif Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah. Yogyakarta.

Rusman, 2011, Model – Model Pembelajaran, Rajawali pers, Jakarta

Soedjadi, 2000, Kiat Pendidikan Matematika Indonesia, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Singarimbun, Masri dan Efendi, Sofian. 1989. Metode Penelitian Suvey. LP3ES Jakarta

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung

Sukino. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Erlangga

Trianto, 2007, Model Pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek, Prestasi pustaka, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 142 times
Tidak berjudul - 198 times