ANALISIS KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA BILA MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA PROSES PEMBELAJARAN

Sitti Masyitah Meliyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dari proses belajar matematika siswa dan proses mengajar guru bila menggunakan pendekatan quantum teaching dengan metode penemuan terbimbing dalam proses pembelajarannya. Data yang telah terkumpul berasal dari beberapa aspek yakni pengamatan terhadap siswa, pengamatan terhadap guru, management waktu serta sarana dan prasarana. Data yang terkumpul baik itu dari lembar observasi siswa, lembar observasi guru dan juga angket respon siswa dianalisis secara kualitatif. Kualitas proses belajar mengajar dapat dilihat dari keaktifan, minat, motivasi siswa dan guru. Subjek dari penilitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bajeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar ternyata berkualitas bila menggunakan pendekatan quantum teaching dengan metode penemuan terbimbing. Dilihat dari tiga indicator yaitu: a) Dari segi aktivitas siswa dan guru selama proses belajar mengajar, siswa dan guru semakin aktif pada setiap pertemuan. b) Keterlaksanaan penerapan pembelajaran semakin membaik dilihat dari management waktu pelaksanaan proses pembelajaran masuk ke dalam Presentasi Waktu Ideal (PWI). c) Respon siswa selama pembelajaran matematika semakin positif baik itu dalam peningkatan minat dan motivasi belajarnya. Berdasarkan hasil analisis dapat dikatakan kualitas belajar mengajar matematika semakin bertambah bila menggunakan pendekatan quantum teaching dengan metode penemuan terbimbing pada proses pembelajarannya.
Kata Kunci: Analisis kualitas, Pendekatan quantum teaching, Metode pembelajaran terbimbing

Full Text:

Untitled

References


Darwis, M. 2007. Model Pembelajaran Yang Melibatkan Kecerdasan Emosional. Disertasi. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Deporter. Bobbi. 2000. Reardon Mark, Singer Naurie Sarah. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Dimyati, Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.