IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU (PKTI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA NON-MATEMATIKA UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Nur Wahidin Ashari, Ma'rufi Ma'rufi

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelas yang berasal dari populasi mahasiswa semester II Program Studi Teknik Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Kelas eksperimen memperoleh perlakuan berupa Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu sedangkan kelas Kontrol memperoleh perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, (2) Apakah hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, dan (3) Apakah peningkatan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. Uji-t untuk sampel independent merupakan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional (2) Hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional, (3) peningkatan hasil belajar mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Pembelajaran Kelompok dengan Tugas Individu, Hasil Belajar Matematika, Mahasiswa Non Matematika

Full Text:

Untitled

References


Abdullah.1979. Pengaruh minat motivasi belajar berprestasi dan kapasitas kecerdasan terhadap belajar dalam kelompok akademik pada SMA Negeri Sul-Sel (disertasi) SPB. Malang: IKIP Malang

Erman Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.

Haling, Abd. 2004. Belajar dan Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Makassar : Fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Johnson, d.W.,& Johnson, R.T (1991). Learrning together and alone : Cooperative, Competitive, and individualistic learning ( 3rd Ed.). Upper Saddle river NJ: Prentice-Hall.

Mustaan. 2005. Implementasi Berbasis Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Parang Tambung 1 Makassar Skripsi FMIPA UNM. Makassar.

Nasution, S. 1987. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bandung Jemmars

Nur, Muhammad & Wakardari, Prima Retno.2000. Pengajaran Berpusat Pada Siswa Dan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.Surabaya : Pusat Sains Dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Lan, G.H. 2007. A Cooperative Learning Programme to Enhance Mathematical Problem Solving Performance among Secondary Three Students. The Mathematics Education. Vol 10(1),59-80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.