KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG

Muhammad Nurhusain, Nurhaeni Nurhaeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bersifat komparatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata Makassar yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa yang kemudian dipilih sebagai sampel penuh karena ukuran populasinya kecil. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak (random sampling) untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang berbentuk essay pada kedua kelompok. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) adalah sebesar 76,50 dengan standar deviasi 11,376 berada pada kategori tinggi, sedangkan rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Kristen Kondo Sapata yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Langsung adalah sebesar 64,68 dengan standar deviasi 13,633 berada pada kategori sedang. Dari hasil analisis inferensial diperoleh bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), Pembelajaran langsung, Hasil

Full Text:

Untitled

References


Anita, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Huda, Miftahul. 2013. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Karso. 2009. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.

Maharuddin Pangewa. 2010. Perencanaan Pembelajaran (Suatu Standar Kompetensi Padagogik Bagi Guru). Makassar: Universitas Negeri Makassar (UNM)

Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sagala, Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana.

Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Sukardi. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukino dkk. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Sutikno Sobry. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher Makassar.

Trianto. 2013. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.