ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PROSES PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI

Sukmawati Sukmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran trigonometri mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yaitu mengambarkan faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran trigonometri mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyampelan acak (random sampling) dan diperoleh sampel 30 orang siswa. Penelitian ini diuraikan 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal tergolong rendah dan sangat rendah. Hal tersebut terlihat pada skor rata-rata faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran trigonometri dari faktor internal sebesar 3,69 dari skor maksimum 43 dengan standar deviasi 33,80. Sedangkan dari faktor eksternal tergolong tinggi. Hal tersebut terlihat pada skor rata-rata faktor-faktor penghambat dalam proses pembelajaran trigonometri dari faktor internal sebesar 11,13 dari skor maksimum 14 dengan standar deviasi 1,99.
Kata Kunci: Proses pembelajaran, Trigonometri

Full Text:

Untitled

References


Andi Sudarmono. 2011. Hubungan Antara Pengalaman Strategi Kognitif Dengan Hasil Belajar Logika Siswa Kelas X SMK Tiwikrama Mamuju. Tidak diterbitkan: FKIP-UNCP.

Badruddin, Syamsiah dan Muhammad Ilyas. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Sengkang, Sulawesi Selatan: Lampena.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Askara.

Nasution, 2009. Kurikulum Dan Pengajaran, Jakarta: Bumi Askara.

Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar : Pedoman Guru dan Calon Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.

Tiro, Muhammad Arif. 2009. Dasar-dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.