PENGARUH KEDISIPLINAN DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Shindy Ekawati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bersifat regresional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin dan aktivitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo, (2) pengaruh disiplin terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo, (3) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo. Instrumen penelitian untuk meneliti kedisiplinan dan aktivitas terhadap hasil belajar adalah teknik angket yang bersifat tertutup dimana telah disediakan alternatif-alternatif jawaban yang telah disediakan. Kemudian populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pesantren Modern Datok Sulaiman Palopo tahun 2015/2016. Dan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster sampling dengan jumlah sampel 107 siswa. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan komputerisasi dengan memanfaatkan program SPSS (Statistical Product and Service Solution). Sehingga diperoleh secara bersama-sama disiplin dan aktivitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung sebesar 6,685 dengan nilai probabilitas 0,002, dan secara parsial disiplin tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung sebesar 1,786 dan nilai probabilitas 0,077. Sedangkan untuk variabel aktivitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai thitung sebesar 2,398 dan nilai probabilitas 0,018.
Kata kunci: Disiplin, Aktivitas belajar dan Hasil belajar matematika

Full Text:

Untitled

References


Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Nasution, 1986. Dedaktis Asas-asas Mengajar. Bumi Aksara. Bandung.

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Menpengaruhinya. Rineka cipta. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.