PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA

M Rusli B, Aswar Anas

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Latar belakang Penelitian ini dilakukan yaitu Studi TIMSS dan PISA tersebut menggambarkan kelemahan dan kekurangan siswa dalam menganalisa, memberikan alasan, menyampaikan ide secara efektif, merumuskan, memecahkan, dan menginterpretasi masalah-masalah matematika dalam berbagai bentuk dan situasi. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Palopo tahun ajaran 2016/2017. Penentuan perlakuan penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Kelas eksperimen di ajar dengan model pembelajaran Problem solving sedangkan kelas kontrol di ajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Soal literasi matematika dan Tes hasil belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pendektan problem solving berpengaruh untuk diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 6 Palopo dan pembelajaran konvensional berpengaruh pula diterapkan pada kelas VII SMP Negeri 6 Palopo dengan: (1) Rata-rata skor kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika siswa yang diajar melalui pendekatan problem solving dikategorikan sangat baik. (2) Rata-rata skor kemampuan menyelesaikan soal literasi matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pendekatan konvensional dikategorikan baik. (3) Terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dengan menggunakan pendekatan problem solving dengan kelas yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional dalam kemampuan menyelesaiakn soal literasi.
Kata Kunci: Problem solving, Literasi matematis

Full Text:

Untitled

References


Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 29 Februari 2016.

OECD. 2009. Learning Mathematics For Life-A View Perspective For PISA. (Online).Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 29 Februari 2016.

Suwanda. 2011. Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.