EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING

Karmila Karmila, Darma Ekawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing. (2) Mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing. (3) Mengetahui respons siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing. (4) Mengetahui keefektifan pembelajaran matematika melalui penerapan model kooperatif dengan pendekatan problem posing pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang melibatkan satu kelas (One Group) sebagai kelas perlakuan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Rata-rata hasil belajar dari populasi berada pada kategori yang sama sehingga dianggap bahwa kemampuan siswa homogen. Olehnya itu dipilih satu kelas sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Satuan eksperimen dari penelitian ini adalah kelas VII6. teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 84,1 dan deviasi standar 4,04. Serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata 0,79. (2) Aktivitas siswa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing berada pada kategori sangat aktif dengan rata-rata 3,69. (3) Respons siswa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing berada pada kategori positif dengan rata-rata nilai respons 3,51. (4) Pembelajaran matematika efektif melalui penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing pada siswa SMP Negeri 4 Palopo.
Kata Kunci : Efektivitas, STAD, Problem Posing.

Full Text:

Untitled

References


Abdusakkir. 2009. Pengertian Problem Posing (online), (http://abdusakir.wordpress.com/2009/02/13/pembelajaran-matematika-problem-posing/, diakes 10 Juni 2016.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang. Universitas Negeri Malang (UM Press).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor; Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2009. CooperativeLearning. Bandung: Alfabeta.

Muhfida. 2010. Pelaksanaan Pendekatan Problem Posing (online). (http://blog.muhfida.com/pelaksanaan-pendekatan-problem-posing, diakses 10 Juni 2016)

Sutisna. 2010. Pengertian Problem Posing (Online). (http://sutisna.com/artikel/kependidikan/pengertian-problem-posing/, Diakses 10 Juni 2016)

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Upu, Hamzah. (2003). Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung; Pustaka Ramadhan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.