KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI

Jumarniati Jumarniati, Rio Fabrika Pasandaran, Achmad Riady

Abstract


Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan kemampuan literasi matematika dalam mata kuliah kalkulus dasar. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester I kelas IA pada program studi Matematika Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2015/2016. Penetapan subjek dilakukan dengan pertimbangan subjek dikenal memiliki kemampuan matematika yang relatif baik, aktif dalam pembelajaran di kelas, telah mempelajari materi fungsi trigonometri. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes turunan fungsi trigonometri, kemudian memilih salah satu hasil tes untuk di deskripsikan. Analisis data dilakukan dengan cara, mengumulkan data, mereduksi data, dan memverifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Subjek menggunakan pengetahuannya untuk meneyelesaikan soal sehingga subjek mampu menentukan posisi t1 dan t2, sesuai dengan level 1 PISA. Subjek dapat menggunakan informasi berdasarkan model kurva, melakukan representasi berdasarkan konsep, dan memuat generalisasi, merumuskan persamaan dari kurva tersebut, serta menuliskan berdasarkan hasil yang ditemukan, sesuai dengan level ke 6 PISA. Subjek menggunakan pengetahuan prosedural berupa manipulasi bentuk-bentuk trigonometri untuk menentukan turunan fungsi kecepatan gelombang, sesuai dengan level ke 3 PISA.
Keywords: Kemampuan literasi matematika

Full Text:

Untitled

References


Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. (Online). Tersedia: http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/1296/1183. Diakses 22 Januari 2016.

OECD. 2010. Draft PISA 2012 Assessment Framework. (Online). Tersedia: http://www.oecd.org/dataoecd/61/15/46241909.pdf. Diakses 20 Januari 2014.

Setiawan, Harianto. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Universitas Jember: Prosiding Seminar Nasional.

Wardhani, Sri dan Rumiati. 2011. Instrumen Penilaian Hasil Belajar matematika SMP Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: PPPPTK-Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.