ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENANAMKAN KONSEP LIMIT FUNGSI

Desak Made Ristia, Rio Fabrika Pasandaran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan guru dalam menanamkan konsep limit fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data penelitian berbentuk pernyataan dan argumen berasal dari hasil observasi dan wawancara. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan guru dalam menanamkan konsep limit dapat dibedakan menjadi: pengetahuan subject matter, meliputi; kemampuan memahami kaitan konsep-konsep dalam materi limit fungsi dan menyajikannya ke dalam bentuk lain melalui pendekatan kontekstual, kemampuan mendemonstrasikan pengetahuan prosedural berupa manipulasi bentuk aljabar, dan kemampuan mendesain kerangka/peta konsep untuk memudahkan siswa mempelajari urutan konsep yang sederhana hingga konsep yang lebih rumit. Pengetahuan pedagogi umum meliputi; kemampuan dalam mengelola kelas melalui pembelajaran berbasis penyelidikan dan pemecahan masalah termasuk dalam kategori, kemampuan dalam hal membimbing siswa untuk menyusun kesimpulan masuk dalam kategori pengetahuan strategi mengajar, dan kemampuan mendesain alat evaluasi yang sesuai dengan standar isi pembelajaran. Pengetahuan subject matter dan pengetahuan pedagogi umum dikombinasikan untuk membentuk pengetahuan konten pedagogi (pedagogic content knowledge) PCK yang bukan hanya menggabungkan antara pengetahuan konten dan pengetahuan pedagogik saja, namun juga merupakan pengetahuan dan pemahaman guru tentang cara mempresentasikan pelajaran yang membuatnya mudah dipahami oleh siswa.
Kata kunci: Konsep Limit Fungsi, Kemampuan Guru.

Full Text:

Untitled

References


Dahar, R.W & N. Siregar. 2000. Pedagogi Materi Subyek: Meletakkan Dasar Keilmuan dari PBM. Disampaikan pada Seminar Staf Dosen FPMIPA dalam Rangka Mensosialisasikan Pedagogi Materi Subyek.

Enfield, M. 2007. Content and Pedagogy: Intersection in the NSTA a Standards for Science Teacher Education.[Online]. Tersedia: http://www.enfieldm@msu.edu.

NSTA & AETS. 1998. Standard for Science Teacher Preparation.

NSTA. 2003. Standard for Science Teacher Preparation.

Shulman, L. S. 1986. Educational Researcher, 15(2), 4 – 14.

Purwianingsih, Widi,dkk. 2010. PCK Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Guru. Univeristas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.