KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN TIPE NHT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Abdul Hadi

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan design pre-test dan post-test yang bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan (3) mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe NHT yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Makassar. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII4 dan kelas VIII9 pada tahun ajaran 2014/2015 yang dilakukan secara random. Teknik pengumpulan datanya yaitu keterlaksanaan sintaks, aktivitas siswa, respons siswa, data motivasi belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya yaitu dianalisis secara kuantitatif, deskriptif (keterlaksaan sintaks pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, respons siswa, kemandirian belajar dan motivasi belajar serta hasil belajar), dan secara inferensial (untuk mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe NHT ditinjau dari motivasi belajar). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif pada materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII4 MTs Negeri 2 Makassar; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif pada materi bangun ruang sisi datar pada kelas VIII MTs Negeri 2 Makassar; (3) terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe NHT ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 2 Makassar pada kategori tinggi; (6) terdapat perbedaan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan tipe NHT ditinjau dari motivasi belajar pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Negeri 2 Makassar pada kategori tidak tinggi.
Kata Kunci : Keefektifan, Kooperatif tipe TPS Kooperatif tipe NHT, Motivasi Belajar

Full Text:

Untitled

References


Aunurrahaman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Idi, Abdullah. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta Utara: PT Raja Grapindo Persada.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencan Prenada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.