Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa Terkait dengan Masalah Grafik Fungsi Trigonometri

Muhammad Ikram

Abstract


Permasalahan utama mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah mahasiswa kurang mampu berpikir secara kritis dan kreatif. Selain itu, pemberian kesempatan kepada mahasiswa untuk merefleksikan solusi yang telah dikerjakan terkait dengan proses berpikir reflektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeksripsikan proses berpikir reflektif mahasiswa terkait dengan masalah grafik fungsi trigonometri. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 yang mempunyai kemampuan matematis tinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui Tugas Pemecahan Masalah (TPM) dan wawancara semi terstruktur. Hasil yang diperoleh adalah kedua subjek yang diteliti berpikir reflektif dengan kategori pseudo pre-reflective dan transisi quasi-reflective. Pseudo pre-reflective terjadi ketika pengetahuan yang mutlak diperoleh dari individu lainnya tanpa dikonstruksi dan menerapkan pengetahuan tersebut yang diyakini benar secara berulang sehingga terbentuk konsep. Konsep yang diyakini itulah cenderung bersifat pseudo. Sedangkan, Transisi quasi-reflective terjadi ketika individu mengalami kebingungan yang tidak mampu mengkoordinasikan keyakinan dan bukti yang diberikan dalam penarikan kesimpulan yang dilakukan berdasarkan pendapat dari hasil pengamatan

Full Text:

Untitled

References


Dewey, J., 1933. How we think: A restatement of the relation of reflective thinking to the educative process. Boston: DC Heath, 19377.

Hong, Y.C. & Choi, I., 2011. Three dimensions of reflective thinking in solving design problems: a conceptual model. Educational Technology Research and Development, 59(5), pp.687-710.

King, P. M & Kitchener, K. S. 1994. Developing Reflective Judgement: Understanding and Promoting Intellectual Growth and Critical Thinking in Adolescents and Adults. San Fransisco: Jossey-Bass.

Leung, D.Y. and Kember, D., 2003. The Relationship between Approaches to Learning and Reflection Upon Practice. Educational Psychology, 23(1), pp.61-71.

Lim, L.A.Y.L., 2011. A Comparison of Students’ Reflective Thinking across Different Years in a Problem-based Learning Environment. Instructional Science, 39(2), pp.171-188.

Miles, M.B., Huberman, A.M. and Saldana, J., 2013. Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications, Incorporated.

Moore, K.C., 2014. Quantitative reasoning and the sine function: The case of Zac. Journal for Research in Mathematics Education, 45(1), pp.102-138.

Polya, G., 1973. How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.

Skemp, R.R., 1987. The psychology of learning mathematics. Psychology Press.

Zehavi, N. & Mann, G., 2005. Instrumented Techniques and Reflective Thinking in Analytic Geometry. The Mathematics Enthusiast, 2(2), pp.83-92.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i2.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Muhammad Ikram

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.