Strategi Guru Menghadapi Siswa yang Malas Mengikuti Pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Lamasi

Sukmawati Sukmawati, Karmila Karmila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru menghadapi siswa yang malas mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif yang bersifat normatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Lamasi, yang Populasi dari penelitian ini adalah guru matematika di SMA Negeri 1 Lamasi dengan banyak guru 5 orang pada semester genap tahun ajaran 2011/2012.Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan guru matematika di SMA Negeri 1 Lamasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teori dan gagasan. Teori untuk mendapatkan hasil dari wawancara dan observasi responden. Untuk keperluan tersebut digunakan gagasan dari responden yang dilakukan peneliti. Dari hasil penelitian ini, secara umum dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru matematika sangat beragam untuk memotivasi peserta didik mengikuti pelajaran matematika, hasilnya dari 10 siswa yang malas kini hanya ada beberapa yang masih kurang berminat dalam mengikuti pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Lamasi.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Berbasis Penugasan, PTK

Full Text:

Tidak berjudul

References


Abdurahman H, 1994. Pengelolaan Pengajaran. Cetakan VI. Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Ahmad Rohani, 2004. Pengelolaan Pengajaran, Cetakan II PT. Jakarta: Rinneka Cipta.

Dimyati, Mujiono, 2006. Belajar dan pembelajaran, Cetakan III. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Hamalik Oemar, 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Muhibin Syah, M.Ed, 2007, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Cetakan XIII. Yogyakarta: Remaja Roskarya Offset.

Sudiman N, et all. 1991, Ilmu Pendidikan: Kurikulum, Program Pengajaran, Efek Instruksional dan Pengiring CBSA, Metode Mengajar, Media Pendidikan, Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Hasil Belajar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suherman, Erman, dkk. 2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemproses. Bandung: UPI.

S.M Renni, 2007, Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dalam Meningkatkan Prestasi belajar Matematika Siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.

Syaiful Bahri Djamarh, Aswar Zain. 2006, Startegi Belajar Mengajar, Cetakan III. Jakarta: Rika Cipta

Tiro, Muhammad Arif. 2007. Menulis Karya Ilmiah untuk Pengembangan Profesi Guru.Makassar: Andira Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Article Metrics

Abstract view : 81 times
Tidak berjudul - 834 times