Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen dan Persepsi tentang Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng

Murniati Murniati, Ary Herlina Kurniati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan berpikir divergen dan persepsi tentang matematika baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 LiliriajaKabupaten Soppengtahun pelajaran 2014/2015.Jenis Penelitian ini adalah penelitian “expost facto” yang bersifat korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2014/2015. Kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas kelas VIII2 SMP Negeri 1 Liliriaja yang terdiri dari 43 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan hasil prestasi belajar matematika dan kemampuan berpikir divergen dilakukan dengan menggunakan tes, sedangkan untuk mengukur persepsi siswa tentang matematika digunakan angket. Hasil analisis deskriptif menunjukkanbahwa prestasi belajar matematika siswa kelas kelas VIII2 SMP Negeri 1 LiliriajaKabupaten Soppengdalam kategori “sedang”, sedangkan kemampuan berpikir divergen siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 LiliriajaKabupaten Soppengberada dalam kategori “sedang”. Persepsi siswa tentang matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng berada dalam kategori “tinggi”. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kemampuan berpikir divergen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Persepsi tentang matematika berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten. Kesimpulandari penelitian ini bahwa kemampuan berpikir divergen dan persepsi tentang matematika secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 1 LiliriajaKabupaten Soppeng pada tahun pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir, Persepsi, Prestasi Belajar Matematika.

Full Text:

Tidak berjudul

References


Dimyanti dan Mujiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta

Hanida, 2000. Pengaruh Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.

Hudoyo. Herman, 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika di Kelas. Malang. IKIP Malang.

http://www.jaist.ac.jp/library/thesis/ks.master-2001/abstract/skaneko/abstract.pdf,DivergenThinkingDiakses 24/08/2013.http://72.14.235.104/search?q=cache:PyN2Vpp9dicJ:eprints.utm.my/2074/1/HamizerMohdSukorPPD2006... Diakses 24/08/2013.

Karso, dkk, 1995. Materi pokok Pendidikan MIPA. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, Utamai, 1999. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Munandar, S. C. U., 1997. Mengembangkan Bakat & Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia.

M. Cholik Adnawam, Sugiono. 2004. Matematika SMP Kelas 2 Caturwulan I. Erlangga

Nurhayati, 2003. Hubungan Kemampuan Berpikir Divergen dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas I SMU Negeri 1 Soppeng Riaja. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2001. Kamus Belajar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Rosmiati, 1998, 2000. Hubungan Kemampuan Berpikir Divergen dan Persepsi Terhadap Efektifitas Pengajaran Guru Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SLTP I Bajeng. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.

Rusefendi, 1988. Pengantar Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika.

Sahabuddin, H. 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Semiawan, Conny Munandat, A. S., dan Munandar, S.C U. 1990 Memupuk Bakat & Kreativitas Siswa Sekolah Menengah. Jakarta: PT. Gramedia.

Slameto, 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung. Sinar Baru Algesindo.

Tiro, M. A, ilyas, B. 2007. Metode Elips dalam Analisis Data Kuantitatif. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M. A, Sukarna. 2013. Statistika Terapan untuk ilmu ekonomi dan sosial. Makassar: Andira Publisher.

Yulianti, 2004. Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Persepsi Siswa Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SLTP Negeri 13 Makassar. Skripsi, Universitas Negeri Makassar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i1.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Murniati Murniati, Ary Herlina Kurniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.