PENGARUH KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Muhammad Ali Hanafi, Muhammad Darwis, Ma’rufi Ma’rufi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas sebagai variabel eksogen, dan hasil belajar matematika sebagai variabel endogen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Palopo Tahun Ajaran 2017/2018 dan sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data kreativitas diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif matematik dan data hasil belajar matematika diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung yang signifikan kreativitas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Palopo. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini yaitu disarankan agar guru mendesain model pembelajaran dan penyajian materi pembelajaran dengan metode yang bervariasi untuk merangsang pemikiran kreatif matematis siswa.

Kata Kunci: Kreativitas, Matematika, Hasil Belajar

Full Text:

Untitled

References


Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Jessica. 2016. 10 Cara Menumbuhkan Minat Belajar Matematika Anak. (Online), https://www.educenter.id. Diakses pada 4 Agustus 2018.

Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Online), 3(2): 115-125. http://journal.lppmunindra.ac.id. Diakses pada 16 Oktober 2017.

Machali, I. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam (Online), 3(1): 71-94. http:// ejournal.uin-suka.ac.id. Diakses pada 13 Oktober 2017.

Mustaqim. 2001. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Belajar.

Prahara, H. 2017. Pada 2020, tak Ada lagi Pelajaran Matematika di Negara ini. (Online), http://edukasi.kompas.com. Diakses pada 20 September 2017.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siagian, R.E.F., dan Nurfitriyanti, M. 2012. Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Online), 2(1): 35-44. http://journal.lppmunindra.ac. id. Diakses pada 4 Oktober 2017.

Sukardi. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

U.S., Supardi. 2012. Peran Berpikir Kreatif dalam Proses Pembelajaran Matematika. Ilmu Pendidikan (Online), 2(3): 248-262. http://portal. kopertis3.or.id. Diakses pada 4 Oktober 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v4i1.1427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Ali Hanafi, Muhammad Darwis, Ma’rufi Ma’rufi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.