DESKRIPSI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Ary Herlina Kurniati, Murniati Murniati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang difokuskan untuk mendeskripsikan indikator penalaran matematika berdasarkan 1) subjek yang memiliki pemahaman konsep pada kelompok atas (SKA), 2) subjek yang memiliki pemahaman konsep pada kelompok bawah (SKB). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP yang terdiri dari 2 subjek. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipadu oleh tes pemahaman konsep matematika dan penalaran yang dikonfirmasi kembali oleh pedoman wawancara, serta melakukan triangulasi waktu untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian menunjukkan: 1) SKA mampu memenuhi semua indikator penalaran matematika dengan tepat, 2) SKB hanya mampu memenuhi indikator memeriksa kesahian suatu argumen dengan benar, sedangkan menyajikan penyataan matematika dengan gambar, mengajukan dugaan, menyusun bukti dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, serta menarik kesimpulan hanya mampu dilakukan namun secara umum masih keliru, sedangkan pada indikator melakukan manipulasi matematika belum mampu dilakukan dengan baik.
Kata Kunci: Pemahaman konsep, Penalaran

Full Text:

Untitled

References


De-Porter, Bobby., dkk. 2012. Quantum Teaching. Terjemahan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

De-Porter, Bobby., dkk. 2012. Quantum Learning. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.

DePorter, Bobbi., Hernacki, Mike. 2009. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Ghufron, M. Nur dkk. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Rofiah, Asiatul. 2010. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Depok Yogyakarta dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Inkuiri. Download: Diakses pada tanggal 22 Januari 2014.

Ruseffendi, E.T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkantak CBSA. Download: Diakses pada tanggal 2 Pebruari 2014.

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani, Sri. 2010. Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Makalah Diklat Guru Pemandu/Guru

Inti/Pengembangan Matematika SMP Jenjang Dasar Tahun 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v1i2.1352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ary Herlina Kurniati, Murniati Murniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.