ANALISIS AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA SMAN 1 SULI BARAT

Marhamah Tadda, Arif Tiro, Alimuddin Alimuddin

Abstract


Kenyataan yang banyak dijumpai bahwa setiap anak yang belajar tidak memiliki gaya belajar yang sama. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), yang diharapkan dapat menunjang kegiatan pembelajaran dan menyediakan situasi yang tepat agar potensi siswa berkembang, mengingat gaya belajar mereka yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik di SMAN 1 Suli Barat. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 2 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode purposive sampling.
Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik

Full Text:

Untitled

References


Anton, M, Mulyono. 2001. Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama.

Badruddin, S & Muhammad Ilyas. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Sengkang: Lampena Intimedia

De Porter, B. 2000. Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Kaifa.

Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM pres.

Ibrahim, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: unesa University Press.

Ismail. 2002. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Dirjen Dikdasmen Depdiknas.

Kusman, Wijaya. 2007. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Malta Printindo.

Lie. 2002. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Salim, Peter., Salim, Yenny. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern Press.

Sardiman, A, M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Semiawan. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf usia Dini (Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar). Jakarta: PT. Prenhallindo

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobel. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia; Konstatasi Keadaan Masa KiniMenuju harapan Masa Depan. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suherman, dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: Depdikbud.

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Dekdikbud.

Tiro, Arif. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Marhamah Tadda, Arif Tiro, Alimuddin Alimuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.